3 Langkah Mencegah Jerawat karena Memakai Masker

Memakai masker menjadi kewajiban setiap keluar rumah dan saat kondisi kurang bugar. Namun demikian, ada satu masalah kulit yang sering muncul saat memakai masker: jerawat.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Arini Astasari Widodo mengatakan, jerawat yang muncul karena terlalu lama memakai masker dipicu kondisi kulit yang terlalu lembap, pergesekan antara masker dengan kulit, kosmetik saat memakai masker, hingga kulit alergi pada bahan masker. “Ada banyak penyebab maskne (mask acne),” kata Arini dalam diskusi daring pada Rabu, 17 November 2021.

Untuk mencegah munculnya jerawat karena memakai masker, Arini menyarankan beberapa tips berikut:

Bagi yang memakai kosmetik atau produk perawatan kulit, Arini mengingatkan agar menggunakan tipis-tipis saja dan sebaiknya tidak mengaplikasikan makeup saat memakai masker.

Bahan linen misalkan, menurut dia, memang agak renggang namun kasar untuk kulit. Jika bahan ini bergesekan dengan kulit, maka memicu kerusakan pada permukaan kulit. “Pilih bahan masker yang lembut di kulit,” kata Arini. Hindari penambahan pewangi, pelicin, dan pelembut untuk masker.

#pakaimasker #jagajarak #cucitanganpakaisabun #hindarikerumunan #vaksinasicovid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.