5 Alasan Beli Mobil Bekas Layak Dipertimbangkan

Ada sejumlah aspek penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda berencana atau memiliki keinginan untuk membeli kendaraan roda empat, seperti salah satunya apakah akan membeli mobil bekas atau baru? Jika dananya banyak, tentu pilihan termudah adalah beli mobil baru dengan tipe atau model terkini.

Tapi jika budget yang ada cukup terbatas, maka pilihan yang lebih bijak adalah membeli mobil dalam kondisi bekas. Sebagian orang memandang sebelah mata dengan mobil yang sudah bekas karena dianggap kurang berkualitas. Padahal sebenarnya, mobil kondisi bekas tidak kalah bagus dari yang baru.

Alasan Beli Mobil Bekas

Daripada memaksakan diri untuk membeli mobil baru yang harganya jauh di atas anggaran yang ada dan nantinya malah harus berhutang, lebih baik untuk mempertimbangkan membeli mobil kondisi bekas dengan sejumlah alasan berikut:

1.     Depresiasi Harga

Secara sederhana, depresiasi adalah penurunan harga dari aset (yang dalam hal ini berupa kendaraan) karena aset tersebut dipakai secara terus menerus yang membuat kualitas dan performanya juga ikut menurun.

Jika dirata-rata, depresiasi dari kendaraan seperti mobil adalah sekitar 15 hingga 25 persen per lima tahun. Jadi jika Anda ingin membeli mobil dalam kondisi bekas yang harganya cocok di kantong bisa memilih mobil dengan umur lebih dari 5 tahun.

2.     Kualitas Masih Oke

Saat ini ada banyak sekali tempat misalnya dealer yang menjual mobil-mobil dengan kondisi bekas namun masih sangat layak pakai. Jadi, tidak semua mobil dalam kondisi bekas itu jelek ya.

Mulai dari body hingga mesin, banyak mobil second yang masih sangat bagus, bahkan dengan umur yang cukup muda dan ada juga yang jarak tempuhnya baru sedikit.

Jika mencari secara cermat, hati-hati, dan teliti maka Anda bisa mendapatkan mobil second dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan mobil baru.

3.     Mobil Siap Pakai

Jika Anda ingin segera menggunakan mobil yang baru dibeli, atau memang sejak awal sedang membutuhkan mobil untuk segera dipakai maka membeli mobil second adalah pilihan terbaik. Hal ini karena mobil second bisa langsung dipakai setelah dibawa pulang.

Sedangkan mobil baru ketika sudah dibawa pulang tidak bisa langsung dipergunakan karena surat-suratnya yang belum keluar. Biasanya Anda harus menunggu sekitar seminggu atau bisa juga lebih.

4.     Angsuran Ringan

Bukan hanya mobil baru tapi mobil second juga bisa dibeli secara kredit jika budget Anda saat ini memang belum mencukupi.

Angsuran dari mobil second tentunya jauh lebih ringan karena harganya yang lebih murah dibanding mobil baru. Banyak juga saat ini tempat penjualan mobil second yang menawarkan DP rendah dan bunga ringan, seperti salah satunya mo88i.

5.     Tipe Baru

Jika yang Anda bayangkan mobil second punya tampilan yang tidak bagus layaknya mobil-mobil jadul maka Anda salah. Saat ini ada banyak sekali mobil tipe terbaru yang dijual secara second oleh sang pemilik. Jadi, Anda tetap bisa merasakan mobil keluaran terbaru dengan harga lebih murah.

Tidak perlu gengsi membeli mobil second karena nyatanya kualitas dan body bisa masih sangat oke seperti layaknya mobil baru, dan ditambah Anda mendapat beberapa keuntungan seperti di atas. Tapi pastikan untuk hanya membeli dari tempat jual beli mobil terpercaya ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.