Apakah Masker Sensi Putih Duckbill Bisa Dicuci dan Dikenakan Berulang Kali

Masker kini sudah menjadi kebutuhan primer semenjak virus covid-19 menyerang seluruh belahan dunia, beragam jenis masker kini tersedia bahkan dijajakan di pinggir jalan dengan harga miring. Salah satu jenis masker yang banyak digemari adalah Duckbill, bermacam merk telah meluncurkan jenis masker yang satu ini.

Yang sudah pasti kualitasnya ialah merk Sensi, Masker Sensi Putih Duckbill adalah masker penutup wajah dengan warna putih yang khas digunakan untuk menutup hidung juga mulut. Produk ini diperuntukkan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dari tetesan cairan tubuh yang keluar melalui hidung ataupun mulut serta melindungi dari bakteri, virus, debu, serbuk sari, asap kendaraan, dan polusi.

Lalu masih menjadi pertanyaan banyak orang, apakah masker Duckbill khususnya persembahan merk Sensi bisa dicuci dan dipakai berulang kali? 

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Budi Haryanto menjelaskan jika masker duckbill mempunyai kualitas yang sama dengan masker bedah. Masker kesehatan ini memiliki tingkat keefektifan dalam melawan virus mencapai 89%. 

Artinya masker jenis duckbill sama efektifnya dengan masker bedah dalam mencegah penularan virus COVID-19. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa masker duckbill tidak dapat digunakan berulang kali alias masker sekali pakai.

Masker yang hanya dapat digunakan sekali tidak dapat dicuci, dan wajib untuk segera dibuang dalam sekali pemakaian. Mengenakan masker duckbill secara berulang kali dengan cara dicuci kembali, dapat mengurangi tingkat keefektifan dalam pemakaiannya.

Selain masker bedah dan masker Duckbill, masih ada 2 jenis masker lagi yang disarankan untuk dikenakan dalam rangka menangkal covid-19. Yakni adalah masker N95 dan masker kain, berikut penjelasannya:

  • Masker N95

Untuk para tenaga medis, masker yang disarankan adalah N95. Hal ini dikarenakan mempunyai tingkat keefektifan tinggi dalam mencegah penyebaran virus, tetapi sayangnya masker ini bisa menyebabkan tidak nyaman juga pengap jika digunakan untuk jangka panjang. Maka dari itu, masker N95 hanya boleh dikenakan oleh para tenaga medis.

  • Masker Kain + Masker Medis 3 Lapis

Selain itu, ada juga masker kain yang disarankan dipakai dengan tumpukan masker medis supaya dapat mencapai keefektifan tinggi. Hal ini ditujukan agar dapat mengurangi pengeluaran dana karena masker kain dapat dipakai berkali-kali, sedangkan masker medis walaupun digunakan sekali buang tetapi banyak dijual murah per box-nya.

Sekian penjelasan tentang Masker Sensi Putih Duckbill, dan jawaban atas pertanyaan yang amat sering kita jumpai tentang pencucian masker Duckbill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.