Mengenal Perbedaan Celana Bahan Wanita dan Chino, Lebih Bagus Mana?

Celana Bahan Wanita

Celana bahan wanita dan chino menjadi dua model yang banyak dipakai oleh kaum kawa untuk sehari-hari. Karena dua model celana ini cocok digunakan untuk menghadiri acara formal maupun non-formal, sehingga sangat fleksibel bila dibandingkan jeans.

Namun, tahukah kamu apa perbedaan celana bahan dan celana chino? Karena keduanya tentu berbeda dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Dimana pemilihan celana ini sedikit banyak dapat mempengaruhi penampilan secara keseluruhan. Supaya tidak salah pilih, yuk intip perbedaan celana bahan dan celana chino berikut.

Karakteristik Celana Bahan

Celana formal yang sering digunakan oleh pria maupun wanita untuk pergi ke kantor sering disebut celana bahan. Secara umum, celana ini punya potongan slim fit yang mengikuti bentuk kaki, dilengkapi resleting dan pengait di bagian depannya. Untuk wanita, biasanya celana bahkan dilengkapi ban karet.

Tujuannya yaitu untuk memudahkan pemakaian, terutama bagi mereka yang memiliki pinggang kecil namun besar di bagian pinggul. Adapun jenis kain yang sering digunakan untuk membuat celana bahan tersebut yaitu katun, kemudian dipadukan dengan jenis lainnya supaya lebih stretchy.

Meskipun begitu, celana bahan wanita umumnya tidak bisa melar terlalu lebar supaya looks formal yang dimiliki tetap bertahan. Agar tampilan terlihat lebih formal lagi, kamu bisa mengombinasikan celana ini bersama atasan blouse, kemeja, maupun blazer. Ciri khas dari celana bahan adalah hanya memiliki saku di bagian samping, bahkan terkadang tidak terdapat saku sama sekali.

Karakteristik Celana Chino

Berikutnya ada celana chino, yang sering pula digunakan ketika ingin berbusana semi formal maupun casual. Dahulu celana ini didesain untuk para pria, namun sekarang sudah banyak digunakan oleh wanita seiring dengan perkembangan fashion. Istilah chino sendiri diambil dari negara tempat asalnya, yaitu China.

Kain yang digunakan untuk membuat celana chino adalah katun twill, yang mampu menyerap keringat dengan cukup cepat sehingga cocok digunakan di daerah beriklim tropis. Seringkali celana chino dibuat dari bahan 100% katun twill tersebut, namun tidak jarang pula ada tambahan campuran spandex supaya lebih lentur.

Jika bingung membedakan celana chino dengan celana bahan wanita, ada ciri khas yang bisa diperhatikan. Dimana celana ini punya saku di bagian samping dan belakang, dan untuk bagian belakang biasanya menggunakan mode passepoille. Jadi saku di bagian belakang celana hanya terlihat belahan dua lajur atas dan bawah.

Perbedaan Celana Bahan dan Celana Chino

Setelah melihat masing-masing karakteristiknya, sudah tahu perbedaan antara celana bahan dan celana chino? Ya benar, celana bahan terlihat lebih formal dan celana chino bersifat kasual bisnis. Memang celana chino bisa saja digunakan untuk pergi ke kantor, namun celana bahan punya kesan yang lebih formal dan elegan.

Disebut juga sebagai celana formal, celana bahan punya potongan lurus yang menonjolkan kesannya tersebut. Sementara celana chino lebih banyak berukuran slim fit dan umumnya lebih lentur dan stretchy.

Bagian saku celana juga dapat menjadi titik perbandingannya. Dimana celana chino memiliki saku di bagian samping dan belakang, sementara celana bahan hanya ada di bagian samping atau tidak terdapat saku sama sekali. Selain itu, celana chino bisa dipakai lebih pendek, sedangkan celana formal biasanya lebih panjang di atas sepatu.

Itu dia perbedaan antara celana bahan wanita dan chino. Jadi, mana yang lebih bagus? Keduanya sama bagusnya, anda bisa memilih berdasarkan selera masing-masing. Hanya saja, celana bahan tentunya dapat memberikan kesan yang lebih formal sehingga cocok untuk pergi ke kantor dan lain-lain. Anda bisa menemukan celana wanita seperti ini dengan mudah di Benang Jarum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *