Selain PPN Sewa Toko Mal Gratis, Insentif Disiapkan untuk Kafe-Resto Saat PPKM

Presiden Joko Widodo alias Jokowi resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan untuk dunia usaha selama perpanjangan pembatasan itu.

“Sewa toko atau outlet di pusat perbelanjaan atau mal akan diberikan insentif fiskal berupa PPN Ditanggung Pemerintah (DTP), untuk masa pajak Juni sampai dengan Agustus 2021,” ujar Airlangga dalam konferensi pers, Ahad, 26 Juli 2021.

Selain itu, pemerintah akan memberi insentif fiskal untuk beberapa sektor lain yang terdampak, misalnya sektor transportasi, hotel, restoran, kafe, pariwisata dan lainnya. Airlangga mengatakan Peraturan Menteri Keuangan untuk bantuan-bantuan itu sedang dalam proses finalisasi.

Bantuan juga akan diberikan untuk para pelaku Usaha Mikro dan Kecil selama PPKM Level IV, antara lain dengan penambahan BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) sebesar Rp 3,6 triliun untuk 3 juta peserta baru masing-masing peserta akan mendapat Rp 1,2 juta.

Pemerintah juga akan memberi bantuan untuk PKL dan warung sebesar Rp 1,2 triliun untuk satu juta penerima. Masing-masing penerima akan mendapat Rp 1,2 juta.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga mengajak seluruh masyarakat dan komponen bangsa, untuk bersatu padu, bahu membahu dan bersama-sama berupaya untuk melawan Covid-19 ini.

“Dengan usaha keras kita bersama, Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19, dan kegiatan sosial-ekonomi masyarakat bisa kembali normal,” ujar Airlangga saat konferensi pers soal PPKM.

CAESAR AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.