Tips Membangun Rumah Kost yang Nyaman dan Menguntungkan

Investasi properti memang tidak ada matinya. Sebutlah membangun rumah kost. Kendati membutuhkan modal yang cukup besar, hasil yang diperoleh dari menyewakan kamar-kamar tersebut akan sebanding dengan biaya yang telah Anda keluarkan. 

Kiat Membangun Rumah Kost Nyaman 

Berinvestasi properti seperti membangun rumah kost akan memberikan Anda pendapatan yang stabil sehingga sangat cocok untuk mempersiapkan masa pensiun. Lantas, apa saja tips membangun rumah kost yang nyaman dan menguntungkan?

  • Pemilihan Lokasi

Tatkala hendak membangun rumah kost pastikan Anda memilih lokasi yang strategis. Tempat terbaik dan potensial untuk keberlangsungan usaha rumah kost adalah yang dekat dengan sekolah, kampus, kawasan industri, perkantoran, atau pusat keramaian. Hindari membuat rumah kost maupun kontrakan di lokasi yang jauh dari fasilitas umum, area perkantoran, atau perindustrian. 

  • Perhatikan Desain

Desain yang menarik juga menjadi salah satu poin orang memilih rumah kost Anda. Tak perlu mewah, sesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Pastikan desain modern dan bersih. Pilihlah warna cat monokrom atau warna yang tidak mencolok sehingga memberi kesan elegan.

  • Lengkapi dengan Berbagai Fasilitas

Supaya bisa bersaing dengan rumah kost lain, Anda perlu memberikan nilai tambah dan melengkapi kost dengan berbagai fasilitas. Dengan demikian, para penyewa pun akan betah dan bukan tak mungkin merekomendasikan rumah kost Anda kepada orang lain. Contoh fasilitas yang perlu ditambah guna menarik penyewa baru antara lain, free wifi, kipas angin, AC, kasur, lemari, meja kerja, dan sebagainya. Sesuaikan kembali harga kamar kost dengan fasilitas yang Anda tawarkan.

  • Faktor Keamanan

Sebelum membangun rumah kost di suatu lokasi, ada baiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Pastikan kondisi keamanan tempat tersebut. Setelah pembangunan selesai pun faktor keamanan menjadi salah satu hal utama yang harus diperhatikan. Bila perlu Anda dapat menyewa personel khusus atau memasang kamera pengawas guna memastikan ketenangan lingkungan kost senantiasa terjaga.

  • Memahami Aturan Pembangunan Rumah Kost

Pahamilah aturan saat hendak membangun rumah kost seperti izin usaha, kewajiban bayar pajak, hingga pelaporan identitas penyewa. Umumnya, tiap-tiap daerah memiliki peraturan masing-masing. 

  • Lakukan Promosi

Usai pembangunan rumah kost, lakukan promosi dari berbagai arah. Anda bisa memanfaatkan media sosial atau jalur daring maupun berpromosi dari mulut ke mulut. Perkenalkan letak rumah kost, harga, lengkap dengan fasilitas apa saja yang tersedia. 

  • Pastikan Kenyamanan

Rumah kost yang nyaman dan aman akan selalu penuh dan direkomendasikan oleh para penghuninya. Kenyamanan yang dimaksud antara lain, sebagai pemilik Anda harus fast respond ketika menerima laporan kerusakan, memastikan kost sesuai peruntukan (misalnya, apabila awalnya hanya menerima wanita, maka tolaklah secara sopan bila ada keluarga atau laki-laki yang hendak menyewa), buat tata tertib yang diketahui seluruh penghuni kost, dan sebagainya.

Membangun rumah kost yang kokoh dan tahan lama menjadi salah satu investasi juga bagi Anda sebagai pemilik. Tanpa didukung bahan bangunan berkualitas tinggi, rumah kost akan terus bermasalah. Sebut saja dinding atau plesteran retak. Oleh sebab itu, pilih material terbaik seperti material dari SCG. Mulai dari beton, pipa, bata ringan, semen, hingga mortar tersedia. Selengkapnya Anda bisa cek website https://scgcbm.id/. 

Salah satu bahan bangunan terpenting dalam pekerjaan konstruksi ialah semen. Membangun rumah kost juga demikian. Dibutuhkan semen yang berkualitas baik supaya rumah kokoh tahan lama. Semen SCG yang berdaya rekat kuat dengan penyusutan rendah menjadikan waktu pengerjaan plesteran serta acian lebih cepat. Dengan begitu, rumah kost Anda pun dapat segera ditawarkan. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *